Lowongan CPNS 2014: 39 K/L Minta Jabatan PNS Dilelang

Sedikitnya 39 Kementerian-Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah telah melaporkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk melakukan promosi jabatan secara terbuka (lelang jabatan) dalam pengisian jabatan yang lowong.

Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo menilai, perkembangan itu sangat menggembirakan karena hal itu merupakan salah satu pengungkit penting dalam reformasi birokrasi, yang kini tengah menggelinding di berbagai instansi pemerintah.

“Promosi jabatan secara terbuka akan mendekatkan pada merit system, sehingga karir Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih terjamin,” kata Eko di kantor Kementerian PAN, Jakarta.

Eko meyakini, promosi terbuka itu juga akan menghindarkan terjadinya politisasi birokrasi, yang selama ini banyak terjadi di daerah, terutama kepada pejabat-pejabat eselon II di kabupaten/kota, dan eselon I di provinsi. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi terhadap pegawai eselon III ke bawah.

Dia mejelaskan, calon incumbent sering menjadi ancaman serius bagi birokrasi. Pegawai yang mendukung incumbent salah, tidak mendukung atau netral bisa terancam karirnya.

Menurut Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo, terkait mekanisme pengisian jabatan untuk eselon I dan II itu meskipun sudah ada Surat Edaran Menteri PAN-RB, namun masih terdapat beberapa kelonggaran, sehingga sejumlah kementerian masih melakukan promosi terbuka di lingkungan kementerian, kabupaten, atau provinsi.

Tetapi ke depan, kalau UU Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah disahkan, untuk pengisian jabatan eselon I dan II harus dilaksanakan secara terbuka dan juga bersifat  nasional.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>