Lowongan CPNS 2014: Setahap Lagi, RUU ASN Dibawa ke Presiden

Penetapan Rancangan Undang-undang (RUU) Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi UU bakal mulus. Menyusul dengan telah adanya kesamaan pandangan di kalangan instansi terkait. Bahkan dalam waktu dekat ini, RUU tersebut akan disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Dengan akan dilaporkannya RUU ASN ke presiden, pembahasan lanjutan RUU tersebut dengan DPR diharapkan dapat segera dilaksanakan. Apalagi sudah ada kesamaan pandangan antara sejumlah kementerian/lembaga terhadap materi RUU inisiatif DPR tersebut,” jelas Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo di Jakarta.

Dijelaskannya, RUU ASN sudah dibahas dalam rapat yang dipimpin Menko Polhukam Djoko Suyanto. Dalam rapat tersebut, MenPAN-RB Azwar Abubakar, Mendagri Gamawan Fauzi, Kepala BKN Eko Soetrisno, Kepala LAN Agus Dwiyanto, perwakilan dari Kementerian Keuangan dan Sekretariat Negara telah sepaham. Beberapa pasal yang sempat diperdebatkan salah satunya masalah anggaran sudah bisa diselesaikan.

“Pak Menko Polhukam mengatakan, setelah dilakukan penyelarasan, RUU ASN segera dilaporkan ke presiden, sehingga dalam waktu dekat dapat disampaikan ke DPR untuk dilakukan pembahasan lanjutan,” bebernya.

Adanya UU ASN, diyakini Eko Prasojo akan mendorong peningkatan kualitas dan profesionalisme PNS. Hal tersebut sejalan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan aparatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *