Lowongan CPNS 2014: Ribuan Guru Bantu Diangkat jadi CPNS di Seluruh Indonesia Tahun ini

Kabar gembira berhembus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bagi guru bantu. Sekretaris Kemenpan-RB Tasdik Kinanto memastikan, 1.460 guru bantu di lingkungan Unit Pelayanan Teknis Kemendiknas seluruh Indonesia akan diangkat menjadi CPNS. “Kementerian Diknas sedang mengupayakan mengangkat lebih kurang 1.460 orang di lingkungan Unit Pelayanan Teknis Kemendiknas seluruh Indonesia,” ujarnya, kemarin (12/4). Demikian juga dengan penyelesaian guru bantu di DKI Jakarta. Pemprov DKI, terang Tasdik, telah mengakomodir 850 guru bantu untuk diangkat CPNS.  Tasdik juga menjelaskan, pemerintah akan menyediakan formasi untuk tenaga honorer tertinggal Provinsi Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Penetapan formasinya disesuaikan dengan kebutuhan daerah. “Karena honorer di Jateng dan DKI Jakarta masih tetap bermasalah, pemerintah sudah melakukan koordinasi dengan dua provinsi tersebut terkait penyelesaian tenaga honorer,” kata Tasdik.

Dijelaskannya, untuk penyelesaian tenaga honorer pada seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jateng yang menyebut sebagai honorer teranulir, telah disepakati bila pemprov akan mengkoordinasikan dengan masing-masing daerah. Hal ini untuk mencari penyelesaian dalam pengangkatan menjadi CPNS.

Lantas, bagaimana dengan nasib tenaga honorer di Kementerian Keuangan? “Kalau soal honorer di Kemenkeu akan kita carikan solusi penyelesaiannya,” tandas mantan deputi SDM bidang Aparatur ini.

Formasi CPNS Honorer Kategori II 50 Ribu

Sementara itu, penyelesaian tenaga honorer kategori II (yang tidak dibiayai APBN/APBD) akan dilakukan bertahap hingga 2013. Tahap pertama di 2012, pemerintah mengalokasikan kuota CPNS bagi honorer kategori II sebanyak 50 ribu. Selanjutnya pada 2013, kuota maksimal 50 ribu juga akan disiapkan.

Sekretaris Kemenpan-RB Tasdik Kinanto mengatakan, penyelesaian tenaga honorer kategori II akan dilakukan pada 2012. Sebab, tahun ini yang dituntaskan adalah honorer kategori I (yang dibiayai APBN/APBD). “Memang tadinya pengangkatan honorer kategori II dimulai tahun ini. Tapi karena RPP tentang tenaga honorer baru diselesaikan tahun ini, menyebabkan pengangkatannya tertunda. Tahun ini yang diangkat honorer kategori I,” ujar Tasdik.

Pengangkatan tenaga honorer kategori II, lanjutnya, untuk mengisi kebutuhan formasi 2012 dan 2013, sesuai dengan kemampuan keuangan negara. Mekanisme pengangkatannya, mengikuti tes sesama honorer dengan materi ujian tertulisnya adalah tes kompetensi dasar berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan pemerintah. “Yang membuat soal ujian kompetensi dasarnya adalah pejabat pembina kepegawaian. Materinya berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan pengolahan hasil ujian dilakukan dengan komputer dan dapat bekerja sama dengan rektor perguruan tinggi negeri,” tandasnya.(jpnn)

Kumpulan Latihan Soal CPNS

One comment

  • Evan Silitonga

    Nama Saya Evan SIlitonga
    T.TUgas SMA Negeri 3 Dumai

    Saya adalah salah satu guru bantu propinsi riau SK 2006,saya mau bertanya kapan pengangkatan guru bantu…
    saya bersama teman-teman guru bantu agak kecewa khusus propinsi riau, dimana pengumpulan berkas pada tahap II untuk masuk data base kami tidak ikut karena masalah tahun kerja kurang,… sementara yang SK sekolah semua diterima di BKAD khusus kota dumai yang masa kerja 2 tahun namun SK dibuat masa kerja 5 tahun…. mungkinkah mereka suatu saat akan diangkat dan kami yang lebih lama mengajar hampir lima tahun SK gubernur harus menerima keadaan yang seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *