Lowongan CPNS 2014: Penerimaan CPNS 2012- Daerah Belum Serahkan Persyaratan

Wakil Menpan-RB Eko Prasodjo mengatakan, baru ada empat daerah yang memenuhi kualifikasi dari 14 pemerintah daerah yang mengajukan formasi dalam masa moratorium. Adapun di pemerintah pusat sudah ada 23 kementerian dan lembaga yang memenuhi syarat bagi Kemenpan-RB untuk membuka formasi PNS di lingkup pemerintah pusat. Padahal instansi di pusat ada 76 unit. Guru besar FISIP UI itu mengungkapkan, jumlah formasi dari aparatur negara yang dikecualikan pada 2012 yang akan direkrut sampai saat ini baru berjumlah 8.000 untuk jenis aparatur tenaga umum yang dibutuhkan.

Selanjutnya sebanyak 4.385 PNS baru dengan status formasi ikatan dinas. Adapun jumlah pasti formasi honorer kategori satu (K1) yang akan diangkat masih menunggu verifikasi lanjut. ?Kita turunkan tenaga analisis jabatan untuk mempercepat proses itu,? katanya saat dihubungi SINDOkemarin.

Diketahui, sesuai dengan Surat Edaran Menpan-RB No B/1027/M.PAN dan RB/4/2012 yang diedarkan 4 April lalu, pihak yang mau menambah formasi CPNS harus melengkapi dokumen hasil analisis jabatan yang terdiri atas uraian jabatan, syarat jabatan,dan peta jabatan serta analisis beban kerja, laporan pelaksanaan redistribusi serta proyeksi kebutuhan pegawai selama lima tahun ke depan Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aparatur Kemenpan- RB Ramli Effendi Naibaho menjelaskan, hingga saat ini hanya Bogor,Ogan Komering Ulu, Balikpapan, dan Labuan Batu Selatan yang sudah mengirimkan dokumen analisis yang lengkap tersebut.

Keempatnya termasukbirokrasidi daerah yang belanja pegawainya kurang dari 50% dari APBD. Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja berpendapat, pemerintah pusat harus mewaspadai masih banyaknya calo PNS yang berkeliaran di daerah-daerah. Oleh karena itu, meskipun pusat masih menunggu dokumen persyaratan, harus ada tim yang diterjunkan ke daerah guna memantau agar tidak ada calo PNS yang berkeliaran. Politikus dari fraksi PAN itu menegaskan, sudah tidak ada ampun lagi bagi calo PNS ini. Bagi yang tertangkap, harus dipidanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *