Lowongan CPNS 2014: Manado sangat membutuhkan pembukaan penerimaan CPNS 2011

By | 16/08/2011

Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih dibutuhkan di Manado. Hal ini karena jumlah PNS yang saat ini ada masih kurang, dibandingkan dengan jumlah ideal. Demikian dikatakan Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Senin (15/8/2011). “Perekrutan CPNS pada tahun ini masih dilakukan oleh Pemko Manado, pasalnya jumlah PNS di Manado masih kurang,” ujarnya.

Lumentut menambahkan terlebih pada tahun ini ada PNS yang pensiun, sehingga nantinya ada jabatan yang perlu diisi. “Oleh karena itu Manado masih mengusulkan formasi untuk CPNS 2011,” katanya.

Sedang untuk anggaran dalam penggajian PNS menurutnya tidak akan membebani Pemko Manado, sebab hal tersebut sudah tersusun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dan telah diketahui oleh pemerintah pusat. Sehingga tidak akan mengganggu Pendapatan Asli Daerah (PAD) manado.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Manado Hans Tinangon pada tahun ini pihaknya mengajukan 468 untuk formasi CPNS, dari jumlah jumlah tersebut terdiri dari tenaga guru 189, kesehatan 136 dan teknis 143. Saat ini jumlah tersebut sedang dikaji di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera (MenPan). Namun biasanya MenPan akan segera memprosesnya jika seluruh berkas pengajuan sudah terkumpul semua. “Pengusulan tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu 632,” tuturnya.

Sebenarnya  idealnya jumlah PNS di Pemko Manado sebanyak 9200 pegawai, namun yang saat ini ada baru sebanyak 8717, belum lagi ada pengurangan dari pensiun pada 2011 sebanyak 203, sehingg di Pemko Manado masih dibutuhkan penambahan pegawai setiap tahunnya. Kekurangan pegawai di Pemko Manado dapat dilihat dari kekurangan pegawai kelurahan, yang setiap kelurahan minimal empat orang.

Lebih lanjut Tinangon menambahkan namun demikian dari usulan yang diajukan belum tentu langsung disetujui. Sebab seperti tahun lalu jumlahnya yang disetujui hanya 217 formasi. “Kami harapkan formasi tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu,” ungkapnya.

Jika akan segera disetujui, satu sampai dengan dua bulan sebelumnya sudah dipanggil ke pusat untuk dilakukan rapat. “Kita tunggu saja kapan penyetujuannya,” tuturnya.

Download Soal-Soal CPNS Indonesia

Category: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *