Lowongan CPNS 2014: Gaji PNS Bulan September 2011 Dipercepat

Kemungkinan besar lebaran tahun ini jatuh pada akhir bulan. Jika dalam kondisi normal saat lebaran nanti pegawai negeri sipil belum menerima gaji karena diperkirakan 1 Syawal bertepatan dengan 30 Agustus. Baru pada hari ketiga atau bahkan satu pekan setelahnya gaji keluar. Tapi PNS di Pontianak boleh lega, pasalnya Wali Kota Pontianak membuat kebijakan gaji PNS di kota ini akan dibayar satu pekan sebelum lebaran. “Ini kabar gembira bagi PNS. Seminggu sebelum lebaran kita sudah keluarkan gajinya,” ujar Sutarmidji, Selasa (9/8).

Membayarkan gaji lebih awal, kata dia, karena jika menunggu 1 September lebaran sudah masuk hari ketiga. Dengan demikian, PNS tidak dapat menggunakan gajinya tersebut untuk memenuhi kebutuhan lebaran. “Karena tanggal 1 PNS masih libur, makanya kita majukan saja,” ucapnya.Dengan kebijakan ini, lanjutnya, tidak ada masalah baik dari segi hukum maupun administrasi. Sutarmidji menegaskan, tidak ada aturan yang dikangkangi dengan memajukan pemberian gaji PNS ini. “Tidak ada yang bermasalah. Asal jangan setelah gaji dimajukan pembagiannya, awal bulan dikeluarkan lagi,” tegasnya.Tapi, PNS tidak mendapatkan tunjangan hari raya seperti pegawai swasta. Mengantisipasi kebutuhan PNS yang muslim dalam menyambut Idulfitri hanya dapat diantisipasi Pemkot Pontianak dengan mengeluarkan gaji lebih awal. “Tidak ada THR. Kalau ada mungkin dari koperasi, yang jelas dalam APBD Kota Pontianak tidak dianggarkan,” sebut Sutarmidji.

Menyinggung soal parcel yang biasa diberikan pada pejabat menjelang lebaran, Sutarmidji mengatakan, dia tidak menerimanya. Kalau memang ada yang ingin memberikan, lebih baik mengarahkan pada orang yang lebih membutuhkan. “Kalau mau kasi saya, arahkan saja bagi mereka yang tidak mampu atau panti. Itu lebih efektif,” ujarnya.Diberi pada dirinya pun, kata Sutarmidji, parcel tersebut terkesan mubazir. Isi parcel yang biasanya terdiri dari makanan dan air kemasan tidak diminatinya. “Saya juga tidak terlalu mengonsumsi minuman seperti itu,” katanya.PNS di Lingkungan Pemkot Pontianak Tina menyambut baik kebijakan wali kota yang mengeluarkan gaji sepekan sebelum lebaran. Dengan begitu, dia dapat berbelanja kebutuhan lebaran sebelum menggunakan uang tersebut. “Sempat bingung kalau memang gaji diberikan seperti waktu normal. Karena setelah satu minggu lebaran baru gaji keluar. Sekarang ada kejelasan sudah tenang,” ungkapnya.(hen)

Download Soal-Soal CPNS Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *