Lowongan CPNS 2014: Gaji Honorer Akan Setara Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Terendah

Sesuai keputusan rapat Rancangan Peraturan Pemerintah mengenai tenaga honorer yang berlangsung Jumat (25/3/2011), DPR menyetujui bahwa upah tenaga honorer yang terdaftar di bawah tahun 2005 akan disamakan dengan gaji PNS terendah. Wakil Ketua Komisi II DPR RI Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, saat ini DPR dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi sedang menyelesaikan tenaga honorer di bawah tahun 2005, yang belum diangkat menjadi CPNS.

Menurutnya, jumlah tenaga honorer di bawah tahun 2005 yang ada di Indonesia mencapai lebih dari 600.000. Seluruh honorer tersebut tidak langsung dinaikkan statusnya menjadi CPNS. "Hanya yang lolos verifikasi yang berhak menjadi CPNS," ujarnya kepada Kontan, Senin (28/3/2011).

Pasalnya, tenaga honorer yang mencapai 600.000, ada yang tidak bisa memenuhi persyaratan, seperti umur dan bidang pekerjaan mereka yang tidak sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

Sesuai kebutuhan formasi, maka dari 600.000 tenaga honorer, setiap tahun hanya diambil sebesar 30 persen. Seleksi pengisian kuota berlangsung mulai 2012 sampai 2013. "Dari 600.000 honorer di bawah tahun 2005, yang akan diangkat CPNS berarti hanya 60 persen atau 360.000 orang," ungkap anggota Fraksi Golkar ini.

Upah tenaga honorer yang selama ini diberikan sesuai kebijakan daerah, hal itu tidak akan terjadi lagi setelah RPP diterbitkan. Sebab, tenaga honorer di bawah tahun 2005 yang masih tercecer dan tidak lolos menjadi CPNS pada tahun 2012 atau 2013 mendatang, upah mereka akan disesuaikan dengan gaji PNS yang paling rendah.

Namun, penetapan upah tersebut tidak berlaku untuk tenaga honorer di atas tahun 2005. Hal itu mengacu pada PP 48 Tahun 2005 bahwa sudah tidak ada lagi penerimaan tenaga honorer di daerah. Meskipun di daerah masih ada tenaga honorer yang bekerja di atas 2005, kebijakan upah sesuai gaji pegawai negeri sipil terendah tetap tidak berlaku.

Rencananya, RPP tenaga honorer selesai dalam waktu dekat ini. Untuk tenaga honorer yang di atas tahun 2005, bisa menjadi CPNS asalkan dengan mengikuti seleksi CPNS umum.

Basuki menyatakan, DPR sedang berunding dengan pemerintah agar 600.000 tenaga honorer yang tersisa bisa diangkat seluruhnya. "Sedang dikaji dulu usulan DPR tersebut," ujar Sekretaris Kementerian PAN Tasdik Kinanto.

7 comments

  • jadi bagaimana nasib GTT yg SK nya 2007??

  • Heni Marlina

    Terimakasih sebelumnya,lalu bagaimana dengan nasib kami GTT (Guru Tidak Tetap),saya sudah mngabdi sejak tahun 2007, tanpa sepeserpun gaji, bagaimana pendidikan bisa maju jika orang-orang yang lulus PNS hanya yang punya uang?? kapan kami yang benar-benar memberikan ilmu ini akan diperhatikan??

  • abdul rohman

    terus bagai mana nasib kami, tenaga kontrak penyuluh pertanian selurun indo nesia kami ber jumlah 24.000 lebih…mohon perhatianya agar kami THL_TBPP bisa mendapatkan perhatian yang sama dari pengambil keputusan, kami juga manusia,,,,dan anak bangsa indonesia,,,trims

  • bagaimana nasib kami…kami perlu makan…
    kapan nasib km dipedulikan…

    mohon kebijakannya…??

  • Kami ini adalah GTT dan PTT di SMK Swasta Pembda Nias Sumatera Utara. kami dah pernah lengkapi berkas 2 kali tapi sampai saat ini realisasi tentang tenaga honorer ini belum ada.. bagaimana dengan kami ini apakah kami sudah terdata atau belum karena katanya kalau dari Swasta tidak akan ada pengangkatan apa betul itu…??

  • kapan diverifikasi nih

  • titin suhartini

    bapak, ibu saya jadi honorer dari tahun 2004 sampai sekarang, sudah mengikuti tes cpns tiga kali tapi tidak lulus, dibanten khususnya pandeglang rentan dengan kkn, kebanyakan yang lulus cpns bukan tenaga honorer tapi dari luar pandeglang, untuk itu saya mohon kebijakannya untuk ditindak lanjuti,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *