Lowongan CPNS 2014: BKD Taput kekurangan PNS

By | 21/09/2011

Hampir setiap tahunnya terdapat sekitar 130 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara (Taput) memasuki masa pensiun. Sehingga, total jumlah PNS Taput yang mencapai 6.630 orang tidak mencukupi untuk kebutuhan pelayanan di daerah, khususnya untuk tenaga guru dan medis.

“Karena itulah, Pemkab dalam waktu dekat akan melaporkan hal ini ke Jakarta,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Taput Rudolf Manalu, hari ini.  Dia menilai, penataan manajemen keorganisasian dan pemaksimalan tenaga yang dilakukan BKD tidak mampu memenuhi kebutuhan pelayanan publik.

Misalnya, saat ini BKD terdapat sebanyak 40 tenaga dan sudah dimaksimalkan 30 orang. Namun tetap saja mengalami kekurangan. Karena itu, BKD sangat membutuhkan rekrutmen baru, karena ke depan BKD membutuhkan tenaga. Karena hal ini paling mendesak untuk dibenahi.

Selain itu, tenaga medis yang harus di tempatkan di sejumlah daerah juga sangat minim. Karena, untuk tahun ini saja, dari sekitar 160 tenaga yang sudah memasuki masa akhir kerja di dominasi dari dua kebutuhan ini.

“Tenaga lain juga dibutuhkan. Contohnya, untuk tenaga teknik, akuntansi serta hukum. Karena itu alasan pengajuan tenaga baru yang dulu sempat kita berikan lebih didasari atas kepentingan pelayanan,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Taput, Jasa Sitompul, mengatakan kurangnya tenaga guru disebabkan kepentingan politis yang tidak berpihak kepada publik. Contohnya, mutasi yang dilakukan tidak sesuai dengan waktu, kebutuhan dan kemampuan. Sehingga tidak jarang timpang tindih jabatan.

Category: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *