Lowongan CPNS 2014: Batas Waktu Hitung Kebutuhan PNS Dianggap Mepet

Penataan kepegawaian dan menghitung kebutuhan pegawai yang harus diselesaikan pemda hingga akhir tahun ini, tak sanggup dilakukan Pemprov Lampung. Tenggat waktu itu dianggap terlalu mepet. Karenanya, Sekprov Lampung Ir. Berlian Tihang memastikan tidak ada rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Alasannya, tenggat waktu untuk menghitung ulang kebutuhan PNS sudah mepet. ’’Saya kira kalau 2011 waktunya sudah mepet ya. Mungkin 2012. Karena perhitungannya memakan waktu yang cukup lama. Ini terkait kebutuhan pegawai dengan beban kerja,” kata Berlian Tihang seperti diberitakan Radar Lampung (grup JPNN).

Dia juga memastikan rekrutmen tidak akan terpengaruh dengan rencana moratorium atau penghentian sementara penerimaan CPNS. Sesuai kesepakatan tiga kementerian, rekrutmen hanya diperbolehkan bagi daerah yang memiliki belanja pegawai di bawah 50 persen. Kini komposisi APBD Lampung 2011 telah memenuhi hal itu. Yakni belanja pegwainya hanya 46 persen.

Berlin berharap belanja pegawai pada APBD 2012 tetap berada di bawah 50 persen.  APBD 2012 sendiri diperkirakan mencapai Rp2,6 triliun. ’’Ke depan, harapan kami belanja tidak langsung bisa mencapai lebih rendah lagi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, kini Biro Organisasi dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung sedang menghitung ulang kebutuhan CPNS per kabupaten/kota dan provinsi.

Sementara itu, Kepala BKD Lampung Thamrin Bachtiar mengungkapkan, satuan kerjanya menganggarkan alokasi untuk rekrutmen dan pengangkatan CPNS pada APBD 2012. Anggaran itu tengah dirancang sembari mencari masukan dari Biro Organisasi. ’’Masukan terkait kebutuhan riil CPNS di Lampung berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja,” ungkapnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *