Lowongan CPNS 2014: 5 September, PNS DKI Harus Masuk Kerja

Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wajib masuk pada 5 September 2011. PNS diminta menunda perpanjangan cuti seusai Lebaran. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Budi Hastuti mengatakan, setiap PNS memiliki hak untuk mengambil cuti, termasuk cuti Lebaran. Namun, ia mengimbau agar cuti Lebaran tidak diperpanjang hingga melebihi batas waktu yang ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta.

“Jadi tanggal 5 September mereka sudah harus masuk kecuali jika ada alasan mendesak,” kata Budi Hastuti di Balaikota Jakarta, Senin (22/8/2011).

Alasan mendesak yang memungkinkan PNS diperbolehkan memperpanjang masa libur seusai Lebaran itu antara lain jika ada anggota keluarga yang sakit atau meninggal sehingga yang bersangkutan perlu memperpanjang cutinya.

“Jika tidak, tiap pegawai harus mampu memberi pengertian kepada keluarganya bahwa 5 September sudah harus masuk. Ini kan demi pelayanan masyarakat,” ujar Budi Hastuti.

Sepanjang tahun ini, PNS DKI Jakarta mendapatkan jatah cuti sebanyak 12 hari dan dipotong cuti bersama sebanyak enam hari. Untuk cuti pasca-Lebaran, BKD telah memberikan surat edaran kepada kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Jakarta agar PNS tidak mengambil cuti pada masa tersebut. Hal ini akan dipertegas dengan surat instruksi dari Gubernur DKI Jakarta.

Kendati demikian, banyak PNS yang sudah mengajukan cuti sebelum libur Lebaran. Sebagian besar PNS sudah mulai mengambil cuti terhitung dari H-3 dan H-2 Lebaran. “Banyak yang mengajukan sebelum Lebaran, tapi tetap tanggal 5 September harus sudah masuk. Khususnya bagi ujung tombak yang melayani masyarakat,” kata Budi Hastuti.

Jumlah PNS DKI Jakarta tahun ini sebanyak 80.845 orang. Setiap SKPD hanya diperbolehkan memberikan cuti kepada lima persen dari jumlah PNS di masing-masing SKPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>