Lowongan CPNS 2014: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai seleksi 2.500 pegawai

Proses seleksi pegawai tahap I Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berasal dari Kementerian Keuangan, khususnya dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), akan selesai pekan ini. Dengan demikian, transisi tahap awal OJK yang akan mengalihkan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan pada 2013 diharapkan akan berjalan sesuai rencana.

“Hari-hari ini kami sibuk menyeleksi pegawai, khususnya dari Kementerian Keuangan,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, di Jakarta, kemarin.

Untuk memenuhi struktur sumber daya manusia hingga 2014, OJK membutuhkan lebih dari 2.500 pegawai. Dari jumlah tersebut, 1.031 orang dari Bapepam-LK akan mulai masuk pada 2013. Sisanya sekitar 1.500 orang berasal dari Bank Indonesia (BI) dan mulai bekerja pada 2014.

Sebelum memutuskan bergabung, nantinya OJK bakal memberikan pilihan kepada pegawai dari kedua institusi itu untuk bergabung atau tetap bertahan ke institusi lama. Untuk pegawai dari Bapepam-LK, OJK akan memberikan waktu selama tiga bulan terhitung sejak perekrutan.

Selain urusan transisi pegawai tersebut, OJK juga tengah mempersiapkan penutupan pengawasan pasar modal Indonesia akhir tahun ini dan pembukaan pada 2013. Inilah pertama kalinya kewenangan pengelolaan pasar modal resmi menjadi tanggung jawab OJK. “Jadi, saat ini cukup banyak urusan rumah tangga yang harus dibenahi,” tambahnya.

Meski sibuk dengan urusan transisi, Muliaman menegaskan, hal tersebut bukanlah menjadi alasan OJK untuk tidak berkoordinasi dengan BI sebagai otoritas moneter dan Kementerian Keuangan. Koordinasi terutama diarahkan untuk membentuk pertahanan yang kuat terhadap krisis global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>