• Uncategorized
  • 0

Lowongan CPNS 2014: Pemprov Sumatera Utara evaluasi pelaksanaan sertifikasi guru

wpid wpid guruIstimewa Pemprov Sumatera Utara evaluasi pelaksanaan sertifikasi guruPemerinta Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bersama pemerintah kabupaten/kota sepakat untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sertifikasi guru di Sumut. Karena setelah beberapa tahun dilakukan sertifikasi terungkap hasilnya belum terukur dan memang belum pernah dilakukan evalusi terhadap guru-guru yang sudah mengikuti sertifikasi tersebut.
“Selama ini, para guru yang sudah mengikuti sertifikasi tidak menunjukkan peningkatan dalam kualitas mengajar, bahkan sama dengan guru-guru yang belum mengikuti proses sertifikasi . Tidak ada evaluasi dan hasil yang ingin dicapai secara terukur,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri, dalam diskusi kelompok jajaran pendidikan pada Musrenbang di Convention Hotel Tiara Medan.

Hasan Basri yang mengusulkan agar perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sertifikasi guru tersebut menyatakan, fokus sertifikasi sepertinya hanya pada peningkatan kesejahteraan guru, karena ada tunjungan bagi yang sudah disertifikasi. “Kesejahteraan guru sangat penting, namun hasilnya tidak kalah penting,” tegasnya.
Diskusi tersebut mendapat perhatian antusias pimpinan SKPD bidang dengan moderator . Arjoni Munir, . Hadir Kepala Badan Diklat Provsu,  Mungkur, Ka Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Sumut, Nurdin Pane, Kadispora Provsu  Sutanto, Kepala Bappeda Provsu  Riadil Lubis, , Ketua Komisi E DPRD Sumut  E Simamora, Wakil Ketua, Ana br Pulungan dan Safar Siburian.
Hasan Basri mengusulkan agar Dinas Pendidikan Sumut menyiapkan formula dan target yang terukur dari pelaksanaan sertifikasi. Hal ini untuk menghasilkan guru-guru yang merupakan tulang punggung dalam peningkatan kualitas pendidikan yang baik dan memang ahli di bidangnya masing-masing. “Jangan sampai sertifikasi ini justru tidak memberi perubahan pada kualitas pendidikan, sementara di sisi lain banyak guru yang menginginkan sertifikasi tersebut,” ujarnya.

Segera siapkan formula   
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Syaiful Syafri mengakui jika selama ini belum pernah dilakukan evaluasi terhadap hasil sertifikasi tersebut. Namun demikian, katanya, pihaknya segera akan menyiapkan formula dan mekanisme pelaksanaan evaluasi tersebut mulai tahun 2012 nanti.

“Memang selama ini, sertifikasi lebih menekankan pada peningkatan kesejahteraan guru. Akan tetapi, ke depannya hal itu akan menjadi perhatian kami, tentunya dengan melakukan evaluasi terhadap program sertifikasi ini,” katanya.
Syaiful Syafri menambahkan, menyahuti keinginan Plt Gubsu, Gatot Pudjo Nugroho , maka Dinas Pendidikan Sumut memprioritas pembangunan pendidikan tahun 2012 akan meningkatkan pendidikan anak usia dini (PAUD), pemberdayaan SMK berbasis lokal dalam rangka alumninya siap untuk bekerja. Meningkatkan kualitas guru ke jenjang lebih tinggi, bantuan kesejahteraan guru dan beasiswa bagi murid tidak mampu akan semakin ditingkatkan.
“Rehabilitasi ruang belajar, laboratorium, perpustakaan dan lingkungan sekolah yang sehat maupun pendidikan karakter menjadi perhatian serius,” katanya.
Dalam pertemuan itu, Kadis Pendidikan Sumut juga membahas terlambatnya penyaluran dana bos ke sekolah-sekolah. Syaiful Syafri juga kecewa masih ada kadis pendidikan kabupaten/kota yang tidak hadir antara lain, kadis pendidikan Tapteng, Samosir, Labuhan Batu dan Karo. Ketidakhadiran kadis pendidikan kabupaten/kota menjadi catatan khusus dan teguran sehingga ke depan tidak terulang lagi.
Selain itu, pada Musrenbang, sejumlah masukan dari dinas pendidikan kabupaten/kota antara lain anggaran untuk rehabilitasi ruang kelas, rehabilitasi laboratorium, pendirian perpustakaan, penguatan sarana dan prasarana SMK, serta meminta pengurangan dana sharing dari daerah serta pendidikan bagi kepala sekolah dan calon kepala sekolah. 
Editor: PRAWIRA SETIABUDI

Kumpulan Soal Soal CPNS

Arsip List Posting PPCI

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>