Lowongan CPNS 2014: Pekan Depan Gaji 13 Masuk Rekening PNS

Diperkirakan satu hingga dua hari petunjuk teknis (juknis) pembayaran gaji 13 sudah turun. Hal tersebut disampaikan oleh Mecky Tumimomor, Kepala Bagian Anggaran Biro Keuangan Pemprov Sulut, Jumat (1/7). “Kemungkinan sehari atau dua hari juknis sudah turun, langsung kami bayarkan,” ujarnya. Menurut Mecky setiap SKPD di Sulut sudah menyiapkan berkas pembayaran sehingga ketika juknis sudah ada tinggal proses pembayaran dan menurutnya tak memakan waktu lama. Jumlah dana yang ditransfer ke rekening sekitar 6 ribu PNS Sulut ada sekitar Rp 18 miliar.”Semua dibayarkan penuh hanya saja tanpa tunjangan beras,” ujarnya.

Tunjangan beras bernilai total seluruh PNS sekitar Rp 800 juta. Sedangkan untuk tunjangan lain tetap seperti biasa. Demikian pula dengan utang, pada gaji 13 ini tak boleh ada pemotongan utang, contohnya PNS yang memiliki pinjaman di bank.”Tak boleh dipotong, harus dibayarkan penuh, bila yang bersangkutan ingin dipotong itu kewenangan masing-masing PNS mungkin tujuannya agar utang cepat lunas,” ujarnya.

Mecky menegaskan pembayaran gaji 13 ini tidak akan memakan waktu lama, mengingat semua sudah ada daftarnya, bila tahun-tahun sebelumnya diberlakukan persentase pada jabatan saat ini tak perlu dihitung sudah ada daftar tinggal dilakukan pembayaran.

Teknis pembayaran nanti, setelah juknis gaji 13 sudah ada, Biro Keuangan Pemprov Sulut akan menyurat ke masing-masing SKPD lalu masing-masing SKPD mengajukan permintaan pembayaran, dan gaji 13 langsung ditransfer.

Asisten III Pemprov Sulut, Aseano Gemmy Kawatu menambahkan, ia telah memerintahkan ditiap SKPD untuk segera mempersiapkan berkas-berkasnya, sehingga ketika juknis sudah ada uang langsung ditransfer.”Kami sudah lakukan koordinasi dan tiap-tiap SKPD sudah mempersiapkan,” kata Kawatu.Bila juknis gaji 13 sudah turun otomatis berlaku juga untuk kabupaten kota lainnya.

Terkait alasan pembayaran gaji 13 dilakukan pada bulan Juli, Flora Krisen Sekretaris BKD Sulut mengatakan pada bulan Juli merupakan puncak dari PNS membutuhkan uang untuk biaya sekolah anaknya. Sehingga ketika membutuhkan biaya masuk sekolah atau membeli kebutuhan sekolah anaknya bisa terbantukan dengan gaji 13.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>