Lowongan CPNS 2014: Moratorium CPNS Efektif Berlaku Bulan Ini

Moratorium yang disampaikan oleh Presiden SBY beberapa waktu yang lalu menurut MenPan RB EE Mangindaan sudah sangat tepat dan rencananya sudah mulai akan berjalan tahapannya pada bulan berjalan ini sampai dengan bulan Desember 2010.

‘”Efektif sudah mulai bulan September karena sudah di teken oleh MenPan, Mendagri, dan Meteri Keuangan,” kata Lape sapaanya usai melantik pengurus Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Cabang Manado Masa Bakti 2011-2016 diruang sebar guna pemko manado, Sabtu (3/9/2011). Dijelaskannya mulai bulan ini sampai dengan Desember mendatang yang pertama harus dilakukan oleh setiap instansi pusat maupun daerah baik provinsi maupun kabupaten kota harus menyiapkan dan menata kembali organanisasi sesuai dengan karakternya.

“Contoh antara kota dan kabupaten memiliki perbedaan semisal di kabupaten ada Dinas Pertanian apakah di kota juga harus ada dinas pertanian yang sama dengan kabupaten harus ada perbedaan pertanian apa yang ada di kota,”ujarnya sambari mengatakan untuk jasanya kota akan lebih besar dari pada kabupaten karena diantaranya memiliki pelabuhan, dan pariwisata. Maka dari itu Lape begitu dia dipanggil mengatakan harus dirukstrurisasi organisasi sesuai dengan karakteristik kemudian barulah menentukan kebutuhan PNS yang pasti untuk diusulkan.

 ”Kan dari situ sudah bisa duiketahui bagian mana yang gemuk dan kurus, semisal tenaga administrasi terlalu besar harus dikurangi,” tambahnya.

 Saat ini yang menjadi persoalan jika dalam sebuah instansi sudah kelebihan harus dioindahkan, kemana ia akan bekerja? mau tidak mau dipindahkan tempat lain yang masih kurang bagian administrasi. Sementara itu untuk tenaga guru Mangindaan mengungkapkan saat ini penyusulan yang dilakukan oleh daerah tidak jelas. “Mereka mengusulkan tenga guru ratusan orang kemudian dari pihak MenPan akan memberikan tapi tidak tau guru apa yang diperlukan karena daerah tidak tau harus guru apa yang akan direkrut,” sesalnya.

 Karena didalam petunjuk teknis harus jelas tenaga guru apa yang mau direkrut seperti guru Matematika, Bahasa Indonesia dan sebagainya.

“Inilah yang banyak menimbulkan masalah, sudah diangkat ternyata tidak menjadi guru malah menjadi staf,” ucapnya. Mendiknas sendiri sempat mengungkapkan untuk tenaga guru saat ini sudah sangat overload seperti contoh guru Bahasa Indonesia sedangkan guru Matematika masih sangat kurang ditingkat SD.

 ”Untuk itulah saya berharap agar ditata kembali sesuai dengan kebutuhan sekolah mana yang diperlukan seperti guru kelas, guru mata pelajaran atau guru produktif,” harapnya.

 Hal ini juga berlaku untuk kalangan perguruan tinggi dalam merekrut tenaga dosen. Pemerintah melakukan langkah moratorium bukan semata-mata moratorium saja melainkan untuk pentaan kearah yang lebih baik. “Setelah sudah ada penyusunan yang jelas barulah pemerintah pusat dalam hal MenPan akan membuka rekrutmen pada tahun 2012 dan kami juga bersama-sama melihat mana yang akan diprioritaskan selama tahun 2012,” katanya. Kalau didaerah yang biaya pelayanan dan belanja publiknya dibawah 50 persen masih bisa diberikan dan menerima pengusulan PNS begitu diajukan langsung akan diproses.

 ”Untuk tenaga honorer juga pada tahun 2011 tetap masih dikeluarkan sesuai dengan PP 48 tahun 2010 tentang pengangkatan tenaga honorer,” ujarnya. Menurut Mengindaan mengapa diambil langkah meratorium karena belanja untuk pegawai saat ini terlalu membengkak. Maka dari itu kami akan mencoba yang produktif seperti pegawai ada tapi produksi penerimaan makin tinggi bukan mengahabisakan APBD melainkan untuk PNS harus mampu mampu bekerja secara profesional

“Di Provinsi Sulut sendiri menurutnya masih ada sebagian darerah yang masih perlu untuk rekrutmen PNS diantaranya tenaga pendidik, navigasi, sipir, dan kesehatan, yang profesinya berkaitan dengan keselamatan rakyat,” pungkasnya. Terpisah Rahmat Siswa Mokodongan menilai pernyataan MenPen RB yang mengatakan bahwa di daerah kabupaten kota yang belanja pegawai yang meliputi gaji dan operasionalnya sudah melebihi 50 persen tidak akan melakukan rekrutmen CPNS sedangkan yang dibawah masih bisa dilakukan rekrutmen masih dalam wacana.

“Hal itu masih ditingkat menteri masih wacana ditingkat menteri belum keputusan,” ujar Mokodongan sembari berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>