Lowongan CPNS 2014: Mahasiswa berdemo Tuntut Transparansi Penerimaan CPNS di Indonesia

Unjuk rasa meminta transparansi perekrutan CPNS 2010 yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam berakhir ricuh karena bentrok dengan aparat keamanan yang sedang melakukan penjagaan, di kantor Wali kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (24/1/2011). Akibat kericuhan tersebut tiga orang pengunjuk rasa kena pukul yang diduga oleh oknum aparat, satu daiantaranya Sekjen HMI Tasikmalaya, Yadi terpaksa dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka akibat terkena pukulan dibeberapa bagian badannya.
Kericuhan tersebut terjadi secara tiba-tiba ketika puluhan mahasiswa serentak memaksa masuk melalui pintu utama kantor Wali Kota namun aparat keamanan dari kepolisian dan Satpol PP menghadangnya.
Aksi mahasiswa mencoba memaksa masuk tersebut karena tidak ada perwakilan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk menjelaskan terkait tuntutan tentang perekrutan CPNS 2010 yang dinilai banyak kecurangan.
Peristiwa tersebut para mahasiswa merasa kecewa dengan tindakan aparat keamanan, kemudian terjadi aksi memecahkan pot bunga sekitar kantor itu, dan melempari telur ke kantor Wali kota Tasikmalaya.
Para mahasiswa kemudian membubarkan diri dan akan menggelar unjuk rasa besar-besaran terkait insiden tersebut, dan akan melaporkan kepada pihak berwajib agar mengusut tuntas aparat yang melakukan pemukulan.
Ketua HMI Tasikmalaya, Tete Shududin, menjelaskan unjuk rasa tersebut awalnya berjalan damai, namun ketika akan masuk ke kantor Wali kota, polisi dan pegawai Pemkot setempat menghadangnya hingga terjadi saling dorong dan berujung pemukulan.
Akibat peristiwa itu, tiga kader HMI Tasikmalaya, yakni Yadi, Dandan Haryono dan Andoko kena pukulan, kata Tete aksi pemukulan tersebut terlihat dilakukan oleh aparat keamanan.
“Awalnya kami ini menggelar aksi damai, tapi kenapa terjadi kericuhan, kami akan laporkan kejadian ini ke Polres dan ke Polda, agar diusut,” katanya yang selanjutnya akan menggelar unjuk rasa kembali terkait pemukulan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>