Lowongan CPNS 2014: Kementerian Pertanian (Kementan) Butuh 60 Ribu Penyuluh, Dukung Upaya Swasembada Beras di Tahun 2015

Dalam mendukung program surplus beras 10 juta ton pada 2015 mendatang, Kementerian Pertanian (Kementan) membutuhkan lebih banyak tenaga penyuluh. Baik itu penyuluh tenaga harian lepas (THL), PNS, maupun penyuluh swadaya.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Ato Suprapto, untuk 2011/2012 ini, target yang ditetapkan Kementan untuk tenaga penyuluh hampir 60 ribu orang. Di mana 23.250 orang merupakan penyuluh THL, 27.972 penyuluh PNS, dan 8 ribu penyuluh swadaya.
"Dengan banyaknya tenaga penyuluh ini, kita harapkan satu desa bisa dilayani satu penyuluh," ujar Ato dalam rapat dengar pendapat  Komisi IV DPR RI, Senin (23/5).
Mengenai status penyuluh THL, dijelaskannya, Kementan hanya menggunakan sistem kontrak 10 bulan. Ini pernah dilakukan pada honorer THL 2009/2010. Awalnya, honorer lepas ini begitu kontraknya diputus, diberikan modal sebesar Rp 27 juta sampai Rp 120 juta oleh pemerintah untuk berwirausaha. Namun, tawaran ini ditolak dan mereka minta kontraknya diperpanjang. "Jadi THL yang kita pakai ini adalah honorer yang abis masa kontrak dan diperpanjang lagi," ucapnya.
Di 2012, Kementan akan tetap mengusulkan kontrak para penyuluh THL sebanyak 10 bulan. "Kenapa 10 dan bukan 12 bulan? Karena pemerintah sesuai PP 43 Tahun 2005 jo PP 48 Tahun 2007 tidak bisa menerima honorer lagi. Kontrak kerja hanya boleh di bawah 12 bulan. Kalau 12 bulan atau lebih sama saja dengan honorer," terangnya.

19 thoughts on “Lowongan CPNS 2014: Kementerian Pertanian (Kementan) Butuh 60 Ribu Penyuluh, Dukung Upaya Swasembada Beras di Tahun 2015

  1. ass……
    bapak menteri yang terhormat mohon maafa sebelumnya saya mau tanya kapan dibuka pendaftran untuk tenega penhyuluh pertnaian mohon informasinya terima kasih …….. .!

  2. untuk siapaun yang telah bekerja di lembaga pertanian,baik itu honorer ataupun pns saya mohon tingkatkn kualitas kerja kalian. karena masa depan pertanian indonesia ada d tangan kalian.
    saya harap ini jadi bahan renungan kita semua.trimksih.

  3. saya ingin mengajuklan lamaran untuk menjadi tenaga kerja honorer di kementerian pertanian.

  4. Pak menteri apakah sekarang masih ada lowongan kerja,sy pernah kekementerian pertanian jawabanya bertele2

  5. bapak menteri pertanian yth…
    saya pernah jadi THL, banyak yg memberi informasi bahwa THL akan diangkat jadi PNS, apakah itu betul??? THL ditempat kami bekerja dulu, tidak kompak, Dinas tdk pernah mendukung, mereka hanya tau honor THL saja, bila honor keluar, dengan cepatnya Dinas memotong sampai kadang dengan alasan karena kekosongan kas bendahara daerah, setiap terima BOP selalu diminta untuk segala macam, buat pagar BPP, listrik BPP, pertemuan BPP.

  6. Assalamualaikum , pa kalau lowongan untuk peternakan kapan ya? mohon bantuannya :), insya allah saya mengajukan posisi bagian penyuluhan peternakan atau bagian lapangan, terima kasih

  7. kepada yth kepala pertanian saya ingin mengajukan permohonan untuk posisi penyuluh pertanian.

  8. kepada yth saya ingin mengajukan lamaran untuk menjadi tenaga kerja penyuluh pertanian

  9. Kepada YTH Bapak kepala pertanian, saya ingin mengajukan lamaran sebagai tenaga penyuluh pertanian dan siap mengabdi pada bangsa Indonesia.
    tolong informasi terkait Lowongan yang ada di kementrian pertanian ini selalu di publikasikan.
    terimakasih.

  10. kepada yth kepala pertanian saya ingin mengajukan permohonan untuk posisi penyuluh pertanian.

  11. kepada yth kepala pertanian saya ingin mengajukan lamaran untuk menjadi tenaga kerja honorer di kementrian pertanian

  12. kepada yth kepala pertanian saya ingin mengajukan permohonan untuk posisi penyuluh pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>