• Uncategorized
  • 0

Lowongan CPNS 2014: Belum Ada Peningkatan Honor Penyuluh Agama Non PNS Kemenag

Hingga tahun 2011 ini belum ada perubahan peningkatan honor bagi para penyuluh agama Islam non PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama RI Kabupaten Purbalingga. Besarnya honor per bulan setiap penyuluh masih Rp 150 ribu yang dibayarkan secara rapel setiap 4 bulan.

Kasi Penerangan Agama Islam dan Pembinaan Masjid (Pendamas) Drs H Rasimun mengatakan, saat ini ada sebanyak 247 penyuluh agama di jajarannya yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan. Mereka sebagai kepanjangan tangan Kemenag dalam pembinaan umat Islam di Purbalingga. “Kami meminta para penyuluh tetap bersemangat meskipun honor relatif kecil. Peran mereka sangat dibutuhkan dalam membantu mewujudkan akhlak generasi penerus bangsa,” tandasnya, Kamis (14/4) usai acara pembinaan penyuluh agama Islam Non PNS di aula Uswatun Khasanah Kemenag Purbalingga.

Rasimun mengatakan, alokasi honor itu merupakan dana APBN pusat. Mekanismenya juga terbuka, yaitu melalui rekening bank masing- masing penyuluh agama itu. Pihaknya bekerjasama dengan bank BTN dalam pengalokasiannya.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah penyuluh agama di kabupaten Purbalingga cenderung mengalami peningkatan. Sejak tahun 1992 hingga saat ini semakin bertambah. Antara lain sejak tahun 2010 sekitar 212 hingga 2011 ini sudah mencapai 247 orang penyuluh.

“Kita tidak semata- mata merekrut penyuluh asal- asalan. Ada mekanisme seleksi sendiri. Misalnya wawancara, dan dilihat sejumlah persyaratannya. Minimal SLTA dan memiliki binaan semacam TPQ maupun Majelis Taqlim di wilayahnya,” tambah Rasimun.

Sementara itu untuk para pengajar non PNS di jajaran Madrasah juga bisa menjadi penyuluh. Banyaknya penyuluh tergantung alokasi pusat. Kemenag kabupaten hanya mengusulkan. “Pada tahun- tahun sebelumnya, banyak penyuluh yang juga diajukan kepada pusat melalui data base menjadi CPNS. Namun kabupaten hanya bisa mengusulkan saja dan akan dikembalikan data yang lolos setelah melalui penilaian pusat,” ungkapnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>